Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Canangkan SSK di SMAN 4, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Dr. Fadli Sudria : Mari Cegah Pernikahan dini

Kamis, 15 September 2022 | September 15, 2022 WIB Last Updated 2022-09-16T01:58:14Z

 


Sungai Penuh.MF - Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 4 Kota Sungai Penuh Aswardi S. Pd., M.M., mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya sebagai sekolah lounching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Kota Sungai Penuh. 


"Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi SMAN 4 Kota Sungai Penuh,"kata Aswardi Kepsek SMAN 4 Kota Sungai Penuh ketika dikonfirmasi, Rabu, (14/9).


Disamping itu lanjut Kepsek ia mengungkapkan selamat datang kepada sejumlah tamu undangan yang sudah berkenan hadir di acara lounching SSK yang merupakan program pemerintah pusat.


"Kami mengaturkan selamat datang kepada Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Dr. Fadli Sudria SE M. Hum BKKBN Provinsi Jambi, Kadis Pendidikan Kota Sungai Penuh dan sejumlah walimurid,"katanya, Rabu, (14/9).



Kepsek SMAN 4 Kota Sungai Penuh Aswardi S.Pd MM mengatakan siap menjalankan program pemerintah pusat SSK. 


"Program pemerintah Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) salah satu tujuannya untuk menyikapi bonus demografi Tahun 2035-2040. Dimana usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia yang tidak produktif,"ungkapnya.


Jika ini tidak disikapi lanjutnya, generasi ditahun 2035-2040 nanti akan berdampak terhadap kompetensi. "Ini akan menjadi masalah nanti bisa jadi akan terjadi kesenjangan sosial,"tuturnya.


Kepsek SMAN 4 Kota Sungai Penuh menyebutkan bahwa program ini juga untuk antisipasi terjadinya kriminalitas dan hal-hal yang berdampak negatif terhadap generasi muda kedepan.


"Dimulai dari usia ini kita mengantisipasi terjadinya pernikahan dini, stanting, dan bahaya obat - obatan terlarang dikalangan anak-anak muda,"ujarnya.


Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Dr. Fadli Sudria SE., M. Hum akan selalu memberikan dukungan kepada sekolah untuk mendukung program SSK berjalan efektif.


"Saya tidak bosan-bosannya memperjuangkan aspirasi dari para majelis guru dan adek-adek semua. Terkait dengan program SSK ini saya berharap kepada adek -adek siswa untuk semangat mengejar cita-cita sebagai anak bangsa jangan sampai terjerumus dalam hal yang bisa merugikan kita,"ungkapnya.


Hadir dalam acara ini Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi diwakili oleh Dra. Lufpiah memberikan sambutan kepada siswa -siswa. 


""SSK mengintegrasikan pendidikan kependudukan ke dalam beberapa mata pelajaran dan muatan lokal yang sudah ada serta pada kegiatan kesiswaan, baik itu jumlah, kualitas, maupun kuantitas, yang berkaitan dengan demografi dalam Kota Sungai Penuh," sebut Lufpiah kemaren.


Dia mengatakan pengendalian penduduk sangat diperlukan karena berpengaruh terhadap politik, ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan. 


"Anak-anak generasi muda secara dini diberikan pendidikan untuk kependudukan ini untuk mencegah perkawinan usia dini, penggunaan narkoba, kemudian selalu mengetahui kesehatan reproduksi dirinya sendiri,"tuturnya. 


Kadis Pendidikan Kota Sungai Penuh Drs. Khaidirman kepada wartawan mengatakan melalui program SSK ini, kata dia, menjadi bagian dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas mengingat adanya dampak negatif yang tercipta dari tingginya angka pertumbuhan penduduk.



"Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi adalah dengan memberikan pendidikan kependudukan pada generasi mudanya. Pada pencanangan program SSK yang berpusat di SMAN 4 Kota Sungai Penuh Kota,"urai Khaidirman.


Lanjut Khaidirman menyebutkan, sasaran utama SSK adalah siswa di sekolah agar generasi muda ini menyadari persoalan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.


"Pendidikan kependudukan dapat membentuk mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan," cetusnya.


Pantauan di lapangan acara lounching SSK ini diakhiri dengan tari kesenian tradisional Rentak Kudo yang berasal dari Kecamatan Hamparan Rawang serta tampilan atraksi drama yang dilakoni oleh siswa -siswi SMAN 4 Kota Sungai Penuh. ( Sk)

×
Berita Terbaru Update