Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

TMMD ke-114 Kodim 0417/Kerinci Ditutup, Bupati Adirozal Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Rabu, 24 Agustus 2022 | Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-09-21T13:40:38Z

 




 Kerinci – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun Anggaran 2022 Kodim 0417/Kerinci di Lapangan Bola Kaki Desa Siulak Deras Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Rabu (24/08/2022).

Program TMMD ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Korem 042/Garuda Putih ini telah dikerjakan dengan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, seperti pembangunan jalan sepanjang ± 6,2 KM dan lebar 8 M, rehab Masjid 1 unit, Rehab Lapangan Bola Kaki 1 Unit, pembuatan tugu prasasti 1 unit, Pemasangan instalasi air bersih 1 Unit di Kelurahan Siulak Deras Kecamatan Gunung Kerinci, dan Pembuatan MCK 1 unit di Desa Batu Hampar Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci.

Dalam sambutan Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang isinya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke- 114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.



Pada TMMD ke-114 tahun 2022 saran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi Sepanjang 6,2 KM Dari Kelurahan Siulak Deras Kecematan Gunung Kerinci menuju Desa Batu Hampar Kecamatan Kayu Aro kabupaten Kerinci.

Selain itu juga terdapat sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat, antara lain tentang Wawasan Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Terorisme, kesejahteraan masyarakat, pertanian dan perikanan, KB dan kesehatan.

 

Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas.

“Kita patut bersyukur, kegiatan TMMD ke-114 yang dilaksanakan secara serentak di lima wilayah Sumbagsel dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Danrem Gapu mengatakan bahwa keberhasilan ini tentunya tidak terlepas adanya kerja sama dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kementerian terkait dan partisipasi segenap komponen masyarakat.

Kemudian, Danrem Gapu menyampaikan lima poin atensi dan harapan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-114 ini.

Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi.

Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-114 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Dalam acara penutupan ini, Dandim turut membangun tugu jalan prajurit pada titik nol pembukaan jalan. Tugu ini sebagai pengingat dan penyemangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Hendaknya bersama- sama kita menjaga dan melestarikan hasil pembangunan tersebut. terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan menyukseskan kegiatan ini,” kata Dandim Kerinci.

Bupati Kerinci, Adirozal menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan TMMD ke-114 Kodim 0417/Kerinci yang dapat diselesaikan tepat waktu dan berhasil memenuhi target fisik yang telah direncanakan.



“TMMD memberikan dampak positif bagi masyarakat Kerinci, baik untuk peningkatan ekonomi, maupun untuk jalur evakuasi jika terjadi erupsi gunung kerinci. Masyarakat menjadi mudah ke ladang lahan pertanian serta harga tanah jadi mahal. Maka dari itu patut kita berterima kasih dengan adanya TMMD di Kerinci,” kata Bupati Adirozal.(SK)


×
Berita Terbaru Update