Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Penularan Covid 19 Banyak Melalui Keluarga,Dan Ini Tindakan Dini Pencegahannya

Jumat, 16 Juli 2021 | Juli 16, 2021 WIB Last Updated 2021-07-16T09:01:34Z

 


Jakarta - kasus harian  Covid 19 di Indonesia untuk Kedua kalinya melampaui angka 50 ribu kasus. Per Kamis (15/7/2021) ada 56.767 orang yang dilaporkan terinfeksi COVID-19, sementara pasien sembuh Corona mencapai 19.049 kasus.


Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap penularan COVID-19 paling banyak terjadi di lingkungan keluarga. Menurut dia, masyarakat penting untuk melakukan isoman COVID-19 yang baik demi menekan kasus di keluarga terus menyebar/

"Selama beberapa hari terakhir kasus terus meningkat bahkan mencapai lebih dari 50 ribu kasus per harinya. Peningkatan kasus yang tajam sebagian besar terjadi akibat penularan di tingkat keluarga," sebut dia dalam konferensi pers Kamis (15/7/2021).

Bahwa itu saya menekankan peran masyarakat sangat besar dalam menekan klaster keluarga, dengan pelaksanaan isoman yang baik dan benar," sambungnya.

Ia juga mewanti-wanti jika ada anggota keluarga yang ternyata pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19 atau mengeluhkan sejumlah gejala COVID-19.

"Serta tindakan sedini mungkin saat keluarga mengalami gejala COVID-19 atau menjadi kontak erat pasien COVID-19," kata Prof Wiku.

Persiapan isolasi mandiri:

1. Mempersiapkan obat-obatan dasar seperti vitamin C, D, Zinc, atau jenis obat-obatan lain sesuai dengan anjuran dokter

2. Mempersiapkan alat-alat kesehatan dasar seperti termometer atau pengukur suhu dan oxymeter atau pengukur saturasu oksigen

3. Mempersiapkan masker dan cairan disinfektan

4. Menyediakan ruangan terpisah yang tidak terakses oleh anggota keluarga lainnya

5. Menyiapkan daftar kontak orang terdekat dan terpercaya saat butuh bantuan darurat

Saat isolasi mandiri:

1. Terapkan pola hidup bersih dan sehat

2. Ventilasi dan pencahayaan ruang

3. Memperhatikan etika batuk

4. Mengonsumsi asupan makanan yang bergizi

5. Mencatat perkembangan gejala harian

6. Segera menghubungi dokter jika mengalamiperburukan gejala

Berita ini Pernah dimuat di detik,com dengan judul Corona RI Rekor Bertubi-tubi, Satgas Ungkap Sumber Penularan Terbanyak

×
Berita Terbaru Update