Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

10 Atlet Dunia yang Sukses Menjadi Pejabat

Sabtu, 23 April 2016 | April 23, 2016 WIB Last Updated 2016-04-27T21:23:27Z
Pacquaio sukses sebagai atlet dan politikus. (Foto: AFP/Noel Celis)


BANYAK atlet dunia bingung melanjutkan kariernya usai memutuskan pensiun dari cabang olahraga yang mereka geluti. Ada yang menjadi pelatih dari cabang olahraga yang mereka geluti, atau bahkan beralih 180 derajat dari profesi sebelumnya.

Terkait beralih 180 derajat dari profesi sebelumnya, ternyata ada beberapa mantan atlet dunia yang sukses berkarier di dunia politik. Sebab mereka memiliki intelegensia tinggi untuk menjadi politikus atau pejabat ternama.

Berikut ini 10 mantan atlet dunia yang sukses menjadi politikus/pejabat:

10. Imran Khan

Khan merupakan kapten Timnas Pakistan saat memenangi Piala Dunia kriket pada 1992. Ayah dua anak tersebut mulai turun di dunia politik pada 1996 dengan membangun partai politik baru. Pada pemilu 2013, Khan mendapat suara terbanyak di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Alhasil saat ini ia menjadi national assembly atau Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan.

9. Arnold Schwarzenegger

Arnold dikenal sebagai atlet binaraga. Berkat turun di cabang olahraga tersebut, Arnold pun berkesempatan tampil di film-film Hollywood. Ketenarannya pun mengantarkan Arnold menjadi Gubernur California periode 2003 hingga 2011.

8. Sebastian Coe

Coe meraih medali emas Olimpiade 1980 dan 1984 nomor 1500 meter. Pria yang kini berusia 59 tahun itu berperan atas terpilihnya Inggris menjadi tuan rumah Olimpiade 2012.
7. Jesse Ventura
Ventura dikenal sebagai atlet gulat. Pada 2004, Ventura masuk hall of fame World Wrestling Entertainment (WWE). Ia memulai karier politiknya sebagai Wali Kota Brooklyn Park, Minnesota pada 1991 hingga 1995. Bahkan setelahnya, ia terpilih menjadi Gubernur Minnesota mengalahkan kandidat dari Partai Demokrat dan Republik.
6. Garry Kasparov
Kasparov merupakan pecatur nomor satu dunia dalam kurun 1986 hingga 2005. Ia meraih gelar juara dunia catur pertamanya pada 1985 atau ketika usianya masih 22 tahun. Usai pensiun dari dunia catur, ia terjun di arena politik. Bahkan Kasparov sempat ingin menyaingi Vladimir Putin sebagai Calon Presiden Rusia. Namun karena masalah teknis, Kasparov pun urung maju.
5. Jon Runyan

Sukses di ajang NFL bersama Houston Oilers, Philadelphia Eagles and Diego Chargers. Setelah sukses di salah satu cabang olahraga terpopuler di Amerika tersebut, Runyam terjun ke dunia politik. Ia terpilih sebagai anggota kongres wilayah New Jersey periode 2011 hingga 2015.
4 . Bill Bradely
Meraih dua gelar juara NBA bersama New York Knicks dan memenangi medali emas Olimpiade bersama Timnas Basket Amerika Serikat. Setelah sukses di ajang basket, Bradely tiga kali menjadi anggota senator di Amerika.
3. Sanath Jayasuriya
Salah satu atlet kriket tersukses Srilanka. Kesuksesan di ajang itu membuatnya terjun ke dunia politik pada 2010. Pada tahun yang sama, ia memenangi pemilu legislatif dari wilayah Matara, Srilanka. Bahkan saat ini, Sanath juga menjadi salah satu menteri di kabinet pimpinan Presiden Mahinda Rajapaksa.
2. Tiger Pataudi
Pataudi menjadi kapten Timnas Kriket India dalam kurun 1952 hingga 1971. Berkat penampilan apiknya di lapangan kriket, ia sempat mendapat gelar pangeran dari kerjaan India. Namun karena ada perubahan konstitusi, gelar tersebut dicabut. Pataudi pun mencoba kembali mendapatkan gelar tersebut lewat jalur politik, namun selalu gagal.
1. Manny Pacquiao
Salah satu petinju tersukses karena dapat menjadi juara dunia di delapan kelas berbeda. Pacman –julukan Pacquiao– menjadi anggota Kongres Filipina sejak 2007. Pada Mei 2016, ia akan mengikuti pemilu untuk menjadi senator di Filipina. Demi melancarkan kariernya di dunia politik, Pacquiao pun memutuskan pensiun dari dunia tinju yang membesarkan namanya. Laga terakhir Pacquiao terjadi ketika mengalahkan Timothy Bradley dengan kemenangan angka mutlak, Minggu 10 April 2016 pagi WIB.(Oke Zone)

×
Berita Terbaru Update